Keseruan Edutrip SMP HSKS

Mengenal Pertanian Organik dan Keberlanjutan Lingkungan melalui Edutrip SMP HSKS

Pada 27 September 2023 lalu, Adik-Adik SMP Homeschooling Kak Seto telah melaksanakan edutrip di Agro Eduwisata Organik Mulyaharja. Yuk kita intip keseruannya!

Edutrip adalah kegiatan non-akademik yang menggabungkan prinsip edukasi dan wisata dengan beragam tema yang telah ditentukan dengan tujuan mendukung para peserta didik dalam menjadi community builder. SMP Homeschooling Kak Seto mengadakan edutrip kali ini untuk memberikan peserta didik pengalaman dalam memahami prinsip-prinsip pertanian organik dan pentingnya keberlanjutan lingkungan. Dengan mengunjungi Agro Eduwisata Organik Mulyaharja, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk belajar tentang berbagai aspek pertanian organik, menjaga keanekaragaman hayati, serta mengembangkan kreativitas mereka dalam mengatasi tantangan lingkungan. 

Kegiatan edutrip ini diikuti oleh peserta didik dari berbagai program termasuk Komunitas, Komunitas Online Reguler, Komunitas Online plus, Distance Learning (DL), serta Distance Learning (DL) Tunggal. Selama edutrip, peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan yang mencakup Welcoming, Creative Caping, Farming Education, Gardening Education, dan Closing

Registrasi

Kegiatan edutrip diawali dengan registrasi di Sekolah Kak Seto agar memungkinkan peserta didik untuk terorganisir dengan baik. Setelah itu, dilakukan welcoming yaitu membuka kegiatan dengan kreatif dan menyenangkan untuk membawa suasana peserta kegiatan menjadi kembali semangat setelah perjalanan yang cukup jauh.

Creative Caping

Selanjutnya para peserta didik melakukan Creative Caping, yakni kegiatan melukis Caping yang akan digunakan selama kegiatan agar terhindar dari panas terik matahari dalam melakukan aktivitas dalam terbuka.

Farming Education

Para peserta didik melakukan Farming Education, yakni memberikan wawasan tentang prinsip-prinsip pertanian organik serta pentingnya menjaga lingkungan. Mereka dengan gembira melakukan kegiatan tersebut.

Gardening Education

Gardening education merupakan kegiatan merawat tanaman di lahan terbatas dengan menerapkan konsep tanaman dengan hidroponik. Terakhir, para peserta didik melakukan Closing terdapat pengumuman peserta terbaik dan memberikan kesimpulan pembelajaran dan sharing pengalaman dari edutrip ini.

“Kak Alwi berharap peserta didik mendapat pengalaman pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik, serta kesadaran yang lebih tinggi tentang pertanian organik dan keberlanjutan lingkungan di antara mereka. Kak Alwi juga berharap agar semua peserta didik mematuhi aturan dan mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga mereka dapat memaksimalkan manfaat dari pengalaman ini. Edutrip ini juga dapat menjadi kesempatan bagi peserta didik untuk merasakan dan menghargai alam serta pentingnya pelestarian lingkungan dalam dunia yang semakin kompleks, serta tentunya peserta didik mendapatkan pembelajaran luar kelas yang menyenangkan dan berkesan.”

-Kak Alwi (Skill & Development SMP Homeschooling Kak Seto)

Peserta didik SMP Homeschooling Kak Seto sangat senang dengan adanya kegiatan edutrip di Agro Eduwisata Organik Mulyaharja ini!. Semoga kegiatan ini #JadiBisa menginspirasi peserta didik untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memahami bagaimana pertanian organik dapat berperan. Sampai jumpa di edutrip lainnya!