Project Kecerdasan Finansial ala Siswa KSS

Serunya Kegiatan Project Kecerdasan Finansial: Belanja dari Hasil Uang Tabungan Sendiri Ala Siswa SD Sekolah Kak Seto

Sekolah Kak Seto merupakan sekolah yang mengedepankan penanaman karakter positif pada anak. Dimana pada Sekolah Kak Seto terdapat satu kegiatan yang bernama project kecerdasan finansial, yang merupakan suatu kegiatan untuk memberikan pemahaman bagi siswa mengenai bagaimana cara dalam mengatur uang, serta mengetahui kebutuhan maupun keinginan dari siswa tersebut.

Dalam kegiatan ini, para siswa akan diajarkan untuk dapat mengatur dan menggunakan uang seperlunya, sehingga diharapkan nantinya para murid dapat terhindar dari sikap boros sejak dini. Dalam melakukan kegiatan ini terdapat beberapa tujuan diantaranya yaitu:

1. Antara orang tua dan anak dapat menjalin kerja sama yang baik, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar.

2. Memberikan pemahaman bagaimana cara mengatur dan menggunakan uang dengan baik dan bijak.

3. Melatih anak untuk terbiasa menabung dengan cara menyisihkan uang jajan mereka sendiri.

Selain itu, kegiatan project kecerdasan finansial SD Sekolah Kak Seto memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa maupun orang tua, yaitu:

1. Selama melakukan project ini, hubungan antara anak dengan orang tua atau wali dapat menciptakan kolaborasi yang baik.

2. Anak dapat memahami manfaat dari menabung.

3. Selain itu, anak juga dapat terbiasa untuk melakukan budaya menabung setiap hari dengan cara menyisihkan uang jajan mereka sendiri.

Gramedia Emerald Bintaro

Kegiatan project kecerdasan finansial SD Sekolah Kak Seto telah dilaksanakan pada tanggal 28, 29 dan 30 September 2022 lalu. Para siswa SD Sekolah Kak Seto melakukan kunjungan ke Gramedia Emerald Bintaro dalam rangka menjalankan kegiatan project kecerdasan finansial, dimana pada awalnya kegiatan ini dimulai dengan melakukan dan membuka celengan yang siswa punya, selanjutnya para siswa melakukan penghitungan dari hasil tabungan yang telah mereka kumpulkan.

Selama disana, para siswa dapat memilih berbagai macam barang yang mereka butuhkan maupun inginkan mulai dari buku novel, komik, peralatan tulis, pensil warna, dan lain-lain. Dengan diawasi oleh para tutor, mereka dibebaskan dalam memilih barang sehingga diharapkan dari kegiatan ini adalah dapat membentuk karakter anak menjadi mandiri, belajar untuk mengatur keuangan, dan membuat keputusan mengenai barang yang mereka pilih.

Setelah memilih barang yang mereka inginkan, para murid akan melakukan pembayaran dengan menghitung total yang telah disebutkan oleh staff kasir dari Gramedia Emerald Bintaro dan mengeluarkan sejumlah uang dengan total pembelian tersebut.

Tentunya dalam melakukan dan menjalankan kegiatan ini tidak terlepas dari adanya dukungan yang diberikan oleh orang tua atau wali murid. #JadiBisa Bersama Sekolah Kak Seto!