Mengenal Budaya Betawi Pada Edutrip SD

Mengenalkan Budaya dan Literasi Betawi Pada Kegiatan Edutrip SD Sekolah Kak Seto!

Setelah 2 tahun harus mengalami sistem pembelajaran dari rumah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, akhirnya para siswa di seluruh Indonesia dapat melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Seperti halnya pada Sekolah Kak Seto yang mengadakan kegiatan Edutrip untuk pertama kalinya setelah masa pandemi.

SD Sekolah Kak Seto yaitu terdiri dari program belajar Komunitas Online, Komunitas Reguler, Distance Learning dan Distance Learning Tunggal melakukan kegiatan Edutrip ke Perkampungan Betawi di Setu Babakan Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para siswa mengenai budaya dan literasi Betawi. Edutrip ini diisi oleh berbagai macam aktivitas yang sangat menarik antusias siswa siswi SD Sekolah Kak Seto.

Para siswa mengeksplorasi Museum Betawi dengan menyimak cerita tentang sejarah, kesenian, dan pakaian dari adat Betawi. Selanjutnya para siswa mengikuti kegiatan bela diri dari “Silat Beksi” khas Betawi, dengan tujuan untuk melatih, mempraktikan, serta mengajarkan gerakan silat beksi kepada siswa sejak dini.

Para siswa juga melakukan berbagai macam kegiatan lainnya seperti membatik dengan melukiskan corak batik motif ondel-ondel pada sebuah kain. Tak berhenti disitu, para siswa juga melakukan kegiatan membuat ondel-ondel yang dapat melatih kreativitas siswa tersebut hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan di rumah.

Siswa-siswi dari SD Sekolah Kak Seto merasa senang dengan adanya kegiatan ini “Asik dan seru banget! Hal yang paling aku suka adalah museum tour dan menggambar batik karena bisa menambah ilmu, mengetahui barang-barang asli Budaya Betawi dan mencoba menggambar Batik” ucap Brisia yang merupakan salah satu siswa SD kelas 6 dari Komunitas Online. Selain itu, Malika yang juga merupakan siswa kelas 6 SD Sekolah Kak Seto memberikan tambahan berupa “Kalau aku, paling suka membuat ondel-ondel! Sangat seru dan sesuai dengan kegemaran aku membuat barang” ucap Malika.

#JadiBisa mengenalkan salah satu budaya Indonesia yaitu budaya Betawi kepada siswa yang nantinya #JadiBisa dikembangkan dan dilestarikan” ucap Kak Dessy, Tutor kelas 6 SD Sekolah Kak Seto.